Manfaat Daun Teh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Manusia

Manfaat Daun Teh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Manusia

Manfaat Daun Teh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Manusia - Minum teh hangat di pagi hari sangatlah nikmat, sebab teh mampu memberikan rasa tenang pada orang yang meminumnya. Ada bermacam-macam teh seperti, teh hijau, teh hitam dan teh merah yang sangat berguna untuk kesehatan. Karena teh sendiri diketahui mengandung antioksida alami, seperti polifenol yang kandungan antioksidanya bagus untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan lain dari teh adalah anti penuaan dan anti inflamasi.

Berikut ini saya akan mencoba untuk menguraikan tentang "Manfaat Daun Teh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Manusia". Check it out.


Manfaat Daun Teh Untuk Kesehatan 

Manfaat daun teh bagi kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut :


  • Mencegah Kanker
Manfaat daun teh untuk kesehatan yang paling utama adalah mencegah resiko terjadinya penyakit kanker. Senyawa polifenol dan EGCG (Epigallocatechin gallate) yang terkandung pada daun teh, memiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah. Untuk obat kanker usahakan minum teh tanpa gula dan pilih teh daun jangan teh celup. Salah satu penyakit kanker yang dapat di obati dengan mengkonsumsi teh setiap hari adalah kanker prostat.


  • Mengatasi Kekurangan Cairan atau Hidrasi
Di dalam masyarakat, orang-orang beranggapan bahwa minum teh justru akan membuat tubuh kekurangan cairan. Anggapan ini berdasarkan adanya kandungan kafein yang ada di dalam teh. Padahal itu tidak benar, karena dengan minum teh yang banyak, tubuh kita juga mendapatkan cairan dalam jumlah yang banyak, sehingga tubuh dapat mengatasi hidrasi.


  • Menurunkan Tekanan Darah
Cara agar tekanan darah tinggi anda turun adalah dengan mengkonsumsi teh hitam secara terus-menerus atau rutin setiap hari sampai tekanan darah tinggi anda normal kembali. Tetapi jika anda sudah mengkonsumsi obat penurun darah tinggi, maka cara ini tidak berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah tinggi anda.


  • Menambah Kekuatan Fisik di Usia Tua
Mulai mengkonsumsi teh pahit secara rutin di usia muda menurut penelitian, disaat orang tersebut sudah tua akan terlihat lebih kuat dan lebih lincah dalam beraktivitas dibadingkan dengan orang yang tidak pernah mengkonsumsi teh.


  • Menurunkan Berat Badan
Dengan mengkonsumsi teh hijau rutin 5 gelas setiap hari bisa mencegah terjadinya obesitas atau kegemukan, karena dengan mengkonsumsi teh bisa membantu proses pembakaran kalori sehingga dapat menurunkan berat badan. Ini sangat cocok dilakukan buat anda yang sedang menjalankan program diet.


  • Mengecilkan Tumor
Di dalam teh hijau ada kandungan senyawa kimia yang bernama flavonoid. Dan senyawa flavonoid inilah yang berguna untuk mengecilkan tumor yang anda derita.


  • Memperkecil Resiko Terkena Serangan Jantung
Untuk memperkecil resiko terkena serangan jantung koroner, anda cukup mengkonsumsi teh hijau sebanyak 3 gelas setiap hari secara rutin.


  • Menjaga Daya Ingat
Minum teh 2 gelas sehari ternyata dapat terhindar dari masalah kognitif, jika dibandingkan dengan mereka yang jarang minum teh. Sebab teh mengandung antioksidan tinggi yang dapat melawan radikal bebas yang menyerang otak, penyebab penyakit alzheimer dan perkinson.

Manfaat Daun Teh Untuk Kecantikan

Beberapa manfaat daun teh untuk kecantikan adalah sebagai berikut: 


  • Menambah Kilau Rambut
Teh bisa bermanfaat untuk menambah kilau rambut anda. Caranya yaitu dengan menyeduh teh hijau dalam air panas selama 15 menit, kemudian biarkan teh menjadi dingin selama beberapa jam, dan setelah itu bilas rambut dengan menggunakan seduhan teh yang telah didinginkan tadi.


  • Menghilangkan Sunburns
Sunburns adalah flek kemerahan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Bila anda terkena sunburns hal-hal yang harus dilakukan adalah, kompres bagian tubuh yang terkena sunburns dengan kantong teh hijau. Lakukan hal ini secara rutin, agar kemerahan pada kulit bisa berkurang atau bahkan tidak berbekas.


  • Menghilangkan Bekas Gigitan Serangga
Teh juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas gigitan serangga contohya nyamuk, Caranya yaitu dengan mengusapkan teh chamomile langsung pada bekas gigitan. Lakukan secara rutin, setelah itu tunggu hasilnya sampai bekas gigitan serangga menghilang.


  • Menghilangkan Mata Panda atau  Lingkaran  Hitam Di Bawah Mata
Kandungan kafein yang ada pada teh mampu membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata yang biasanya timbul akibat kebiasaan begadang di malam hari.


  • Menghilangkan Bau Kaki
Asam tannic yang ada dalam kandungan teh berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur yang mampu menghilangkan bau kaki yang disebabkan oleh keringat. Yaitu dengan cara merebus daun teh, setelah itu dinginkan teh dalam sebuah wadah yang besar, kemudian rendam kaki anda selama 15 menit.


  • Melembabkan Wajah
Teh hijau dapat digunakan sebagai masker untuk pelembab wajah. Sebab teh hijau mampu mengecilkan pori-pori besar dan dapat mencerahkan wajah.


  • Mengurangi Rasa Gatal Setelah Bercukur
Setelah anda mencukur bulu di kaki pada umumnya akan meninggalkan rasa gatal, untuk menghilangkan rasa gatal tersebut gunakan teh hitam dingin yang dimasukkan kedalam kantong, setelah itu tekan pada daerah sekitar kaki yang gatal tersebut. Ulangi sampai gatal di kaki menghilang.


  • Mempertahankan Warna Rambut dan Kulit
Teh merupakan penghasil warna terbaik. Jika anda ingin mempertahankan warna rambut tanpa bahan kimia, cobalah menggunakan teh. Atau anda ingin membuat kulit terlihat kecoklatan atau lebih gelap? maka gosoklah teh hitam keseluruh tubuh, sehingga akan meningkatkan warna kecoklatan atau gelap pada kulit anda.

Demikian artikel mengenai Manfaat Daun Teh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Manusia dibuat. Semoga bermanfaat. 

SILAHKAN DI SHARE